Harga Part Gaming PC

Merakit untuk mengutamakan kinerja gaming adalah tidak murah. Berikut daftar part untuk killer gaming PC.
Sistem dari Komputer gaming adalah seharga $6.294, tetapi itu tidak termasuk perlengkapan lain yang dibutuhkan. Berikut biaya perlengkapan lain yang dibutuhkan.


Total biaya sekarang menjadi $8.185. Dengan biaya sebesar itu untuk komputer tentu tampak berlebihan. Maka dari itu akan dipertimbangkan untuk memungkinkan biaya lebih rendah tanpa mengorbankan kinerja.
Gunakan hanya satu graphics card 9800 GX2
Gunakan high performance air cooler.
Penggunaan Memori menjadi 2GB DDR3
Gunakan Power Supply yang agak sedikit murah.

Terlihat lebih baik dengan biaya hanya $4.000
High End Dual Core
Daripada menggunakan High End quad core CPU, maka diturunkan dengan menggunakan high end dual core CPU intel yaitu E8500.

Sistem sekarang adalah menggunakan dual core sehingga menurunkan biaya menjadi $3200.
Kemudian akan dilengkapi dengan peripheral yang sesuai.


Total sistem biaya untuk quad core High End sampai $4.904 dan sistem dual core High End sebesar $4.109.
Overclocking

Jika ingin mengurangi biaya lagi, dapat dilakukan meningkatnya kinerja hardware yaitu dengan cara overclocking.

Overclocking Jangka Waktu Yang Lama
Misalnya clock rate stabil berjalan maksimum dengan kecepatan 4GHz dengan asumsi ingin menjalan sistem untuk jangka panjang, mungkin akan diturunkan kecepatannya menjadi 3,8GHz dan juga tegangan CPU akan diturunkan.
Casing
Sebuah sistem membutuhkan tempat juga. Ketika akan menggunakan pendingin yang kompleks dan graphics card high end, tentu akan membutuhkan casing dengan ukuran yang sesuai. Sebuah casing yang bagus akan mendapatkan kemudahan instalasi perangkat storage dan cable management. Maka akan dipilih casing untuk gaming PC ini adalah Coolermaster Cosmos ESA 1010. Casing ini hampir identik dengan Coolermaster Cosmos 1000, tetapi menambahkan ESA ( Enthusiast Sytem Architecture) mendukung untuk sistem monitoring yang lebih baik.
Power Supply
Casing yang mendukung ESA juga membutukan power supply ESA. Juga membutuhkan daya yang kuat untuk overclocking, dan untuk menggunakan sepasang graphics card superclocked. Tagan (ABS) BZ1100-U88 ESA. Power supply ini sudah 80+ efisien dan jenis modular.
CPU Cooling
Saat ingin berencana untuk overclocking secara agak ekstrim, mungkin butuh pendingin liquid.
Ketika menjalankan Core 2 Extreme QX9770 di 4GHz, suhu idle secara konsisten pada pertengahan 40 derajat C, dan tidak pernah sampai diatas 68 derajat C.
Processor
CPU intel dengan 1600MHZ front side bus Core 2 Extreme QX9770 dengan kecepatan clock rate standar 3,2GHz, 8x core multiplier.
Pada saat pengetesan dengan melakukan overclock hingga 4GHz ,processor masih berjalan dengan stabil.
Motherboard

Memilih motherboard yang tepat untuk memadukan dengan processor adalah pilihan yang sulit. Kemudian dipilih XFX nforce 790i Ultra
Overclocking menjadi sangat mudah, karena menu – menu setup pada BIOS yang mudah, sehingga tidak perlu banyak pengaturan – pengaturan yang sulit.
Memory
Gaming PC membutuhkan 4GB, meskipun akan dibaca oleh OS 32bit sebesar 3,5GB saja.
Memori yang digunakan adalah Corsair TWIN3X4096-1600C7DHX 4GB DDR3.
Graphics Card
Jika ingin menjalankan game pada resolusi yang sangat tinggi dengan semua detail maka dibutuhkan multiple Graphics Processor Unit. Nvidia GeForce 9800 GX2 yang membangun dua GPU kedalam satu VGA.
9800GX2 SSC adalah graphics card tercepat yang ditawarkan oleh EVGA dengan biaya sekitar $612.
Hard Disk dan Optical Drive
Sebuah sistem High-End layak menggunakan storage High-End. Sekarang hard disk desktop tercepat di pasaran yang menawarkan kapasitas cukup untuk gamer adalah Western Digital Velociraptor.
Optical drive yang digunakan adalah LG GGC-H20L Blu-ray dan HD DVD Rom Drive yang memungkinkan untuk menonton film HD dan blu ray.