Halaman

Rabu, 28 Juli 2010

Metode Ilmiah

METODE ILMIAH

Metode Ilmiah adalah langkah-langkah yang disusun secara teratur untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Metode Ilmiah hanya dapat dilakukan terhadap materi atau benda yang nyata dan tidak bersifat abstrak. Misalnya Anda ingin mengetahui.Apakah tumbuhan yang diberi pupuk akan tumbuh dengan subur dibandingkan dengan tumbuhan yang tidak diberi pupuk. Mengapa semakin bertambah berat benda, maka kecepatan gerak benda akan semakin berkurang? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus melakukan serangkaian percobaan dan pengamatan.

Langkah - langkah metode ilmiah meliputi antara lain :
  a. Perumusan Masalah
  b. Perumusan Tujuan Penelitian
  c. Menyusun Kerangka Teori
  d. Menentukan Variabel
  e. Perumusan Hipotesis
  f. Prosedur Penelitian
  g. Pengumpulan Data
  h. Mengolah dan Menganalisis Data
  i. Membuat Kesimpulan
  j. Melaporkan Hasil Penelitian
Pengamatan adalah suatu proses untuk mengenal sesuatu dengan memperhatikan suatu objek dan peristiwa. Pengamatan dapat menggunakan indera antara lain : melihat, mendengar, meraba, mencium, dan mencicipi.
- Pengamatan yang dilakukan hanya dengan menggunakan alat indera tanpa mengacu kepada satuan pengukuran tertentu disebut Pengamatan Kualitatif.
- Pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu kepada satuan pengukuran tertentu disebut Pengamatan Kuantitatif.


Itulah Hal sedikit yang bisa saya bagi dengan orang agar mengerti dengan istilah Metode Ilimah.
Semoga itu bisa sangat membantu untuk semua orang, Saya mohon untuk dukungan atas Blog Ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar